Jamur Semakin Subur Jika Kulit Kepala Banyak Minyak

Lebih dari 60 persen populasi di dunia mengalami permasalahan rambut berketombe. Di Indonesia sendiri, angkanya dapat lebih tinggi karena iklim tropis, polusi, kebiasaan hidup, serta penggunaan penutup kepala seperti jilbab maupun helm yang dapat memengaruhi permasalahan kulit kepala selaku media pertumbuhan rambut.
"Kesadaran untuk merawat kulit kepala memang tidak setinggi kesadaran untuk merawat kulit wajah. Sementara itu, problema rambut berawal dari akarnya yakni kulit kepala. Masalah kulit kepala yang paling umum ialah kulit kepala bersisik-sisik halus atau ketombe, dan populasi jamur yang semakin subur jika kondisi kulit kepala terlalu berminyak," jelas Dr Hendra Wong, pakar kulit kepala dan rambut.
Pada kesempatan yang sama, Dr Susi Wong, pakar kulit kepala dan rambut menambahkan, betapa berbedanya kondisi kulit kepala wanita dan pria.
"Aktivitas wanita dan pria jelas berbeda, sehingga kadar minyak di kulit kepala pria terlihat lebih banyak. Dan, susunan antara kulit kepala pria dan wanita pun berbeda. Selama ini banyak yang anggap kulit kepala pria lebih tahan banting, padahal sebenarnya justru terbalik, kulit kepala wanita lebih kuat namun terlalu sering kena ‘manipulasi' rambut, seperti styling kit dan product. Untuk itu, diperlukan penanganan sehari-hari yang berbeda juga antara pria dan wanita," tutup Dr Susi Wong.
ads

No comments:

Post a Comment