Tips Aman Mudik 2011



Mudik bersama anak memerlukan persiapan matang. Kebutuhan mudik anak berbeda pada setiap tingkatan usia. Lakukan check list berikut saat mudik bersama anak dengan kendaraan pribadi.

Mudik bersama bayi* Tidak disarankan membawa bayi baru lahir untuk mudik mengingat kondisinya yang masih sangat rentan.
* Bawa kain penutup yang bisa ibu gunakan ketika menyusukan ASI dalam perjalanan.
* Bila bayi sudah mengasup makanan pendamping ASI (MPASI), dan minum susu, masukkan perlengkapan botol susu dan peralatan makan minumnya. Tempatkan pada wadah khusus susu dan makanan instan bayi.
* Bawa pula di tempat terpisah peralatan mencuci botolnya seperti sikat botol, sabun pencuci pada satu wadah khusus. Ibu bisa membersihkan peralatan ini di tempat-tempat peristirahatan atau rumah makan.
* Jangan lupa termos berisi air panas dan air minum untuk menyeduh susu atau makanan instan bayi. Jika air panas sudah habis, sempatkan berhenti di rumah makan saat perjalanan mudik, untuk mengisi kembali air panas dalam termos.
* Bawa secukupnya saja mainan bayi yang disukainya untuk menghilangkan kebosanan.
* Bawa trolley bayi yang digunakan bila sewaktu-waktu dibutuhkan.
* Tempatkan popok dan baju salin pada tas yang mudah diambil di mobil.
* Tisu basah atau wadah air bersih, untuk membersihkan bekas pipis atau pup bayi.

Mudik bersama balita* Siapkan baju ganti anak di wadah tas yang mudah diambil sehingga baju anak mudah diganti bila tubuhnya berkeringat misalnya.
* Sediakan bantal kecil yang dapat digunakan di leher atau sandaran kepala untuk digunakan saat di kecil ingin tidur.
* Tanyakan selalu keinginan si kecil untuk buang air kecil atau buang air besar. Berhentilah di tempat-tempat peristirahatan, pom bensin, restoran, atau tempat yang ada fasilitas toiletnya. Bila kondisi di perjalanan tidak memungkinkan, bagi batita masih bisa dipakaikan popok.
* Bawakan CD atau kaset lagu-lagu anak atau film yang bisa diputar di mobil.
* Berhentilah bila sudah menempuh perjalanan lama. Beri kesempatan pada anak untuk keluar dari kendaraan dan menggerakkan tubuhnya untuk menghilangkan rasa lelah dan mengusir kebosanan.
* Bawakan mainan yang disukainya untuk mengatasi kerewelannya.
* Sediakan selalu makanan ringan dan minuman sewaktu-waktu anak memintanya.
* Sediakan selalu tisu basah untuk mengelap tangan atau wajahnya agar tetap segar.
* Berhentilah di rumah makan pada jadwal waktu makan anak. Bila Anda sudah menyiapkan bekal makanan dari rumah, buka bekal tersebut dalam perjalanan dengan mengikuti jadwal makan anak seperti biasanya.

Mudik bersama anak usia sekolah* Rencanakan waktu mudik dengan baik. Jangan sampai waktu mudik terlalu dekat dengan jadwal sekolah anak. Pastikan sepulang mudik, anak masih bisa menyiapkan kebutuhan sekolahnya.
* Perjalanan mudik hendaknya menyenangkan buat anak. Orangtua bisa menceritakan tempat-tempat yang dilewati sepanjang perjalanan. Anak usia sekolah memiliki rasa ingin tahu yang besar dan sudah bisa menangkap informasi dengan baik. Manfaatkan waktu dan pengalaman perjalanan mudik sebagai kesempatan menambah pengetahuan anak. Dengan bercerita anak juga tak mudah bosan.
ads

No comments:

Post a Comment